28/04/19

Puisi Ahlul Hukmi

GELEDAH

aku sayang kamu cintaku.
“aku gak percaya!”
geledahlah hatiku
geledahlah perasaanku,
geledahlah pikiranku,
geledahlah kerinduanku,
kamu akan temukan cintaku

aku sayang kamu cintaku
“aku gak percaya!”
geledahlah rekeningku,
geledahlah aset-asetku,
geledahlah propertiku,
padahal aku tak punya semua itu
aku hanya punya cinta untukmu

27/4/2019


CAHAYA DALAM KEGELAPAN

Aku nan tiada berlampu, berlentera, berlilin,
bertogok, bersuluh, berpetromaks, dan bersenter.
Tidak akan pernah memadamkan lampu, lentera, lilin,
togok, suluh, petromaks, dan senter milik orang lain.

Semua nan bercahaya dan bersinar akan padam pada waktunya.

Segala yang dalam kegelapan akan bercahaya dan bersinar saat tiba masanya.

Dalam kegelapan, aku melihat cahaya.
Cahaya yang sangat menyilaukan.
Lebih silau dari Matahari.

13/4/2019


GURU SEJATI

Tugas utama seorang guru sejati adalah mencerdaskan kehidupan bangsa
supaya bangsa berpikir dan menggunakan akalnya.
Bukan malah untuk mengakal-akali sesamanya dengan akal-akalan.

Guru sejati selalu menyalakan revolusi di mana pun dia duduk dan berdiri,
Kapan pun dia hening dan hiruk,
baik dalam keadaan senang maupun susah.

Guru sejati selalu harus siap
menjadi apa saja
demi mencerdaskan  kehidupan bangsa.

Guru sejati tidak mengutamakan diri dan dunianya
Karena keutamaan hidup
adalah hidup bermakna.

Bangsa nan cerdas adalah bangsa yang hidup bersatu sesamanya
dan bersama bangsa-bangsa yang lain, baik itu bangsa asli maupun bangsa asing,
dalam perdamaian demi keselamatan satu dunia.

Keselamatan dunia yang satu ini
adalah tujuan dari setiap Guru Sejati
yang ditugaskan untuk mengabdi selama-lamanya.

27/3/2019



Tidak ada komentar:

Posting Komentar