29/11/12

Blog Sastra Dumai

Dari hasil penelusuran melalu mesin pencarian Google terdapat sekitar 7 juta hasil pencarian terkait Blog Sastra. Sedangkan hasil hasil penelusuran terkait Blog Sastra Dumai mendapatkan hasil penelusuran sebanyak 87,400 hasil. Namun tidak semua hasil penelusuran Blog Sastra Dumai melalui Google dapat dikategorikan sebagai Blog Sastra Dumai.

Dari puluhan ribu hasil tersebut terdapat dua Blog Sastra Dumai yang menjadi perhatian saya. Kedua Blog Sastra Dumai tersebut adalah Blog Senepak http://senepak.blogspot.com dan Blog Tabir Qalbu http://paisaljrb.blogdetik.com. Selain kedua blog tersebut ada juga Blog Lingkungan Hidup Pecinta Alam Bahari Club Dumai http://mangrovedumai.blogspot.com yang pada salah satu kolom daftar bacaannya menyediakan karya-karya sastra yang ditulis oleh anak-anak Sekolah Pecinta Alam, Tuan Darwis Mohd. Saleh dan kawan-kawan pelestari Bakau di Bandar Bakau. Meski merupakan Blog Pecinta Alam Bahari namun Blog ini juga patut dikunjungi untuk mengetahui ragam karya sastra yang ada di Kota Dumai. (Sekalian kalau sudah ke Dumai, kunjungi Bandar Bakau).

Selain kedua blog tersebut http://hukmi99.blogspot.com juga merupakan Blog Sastra Dumai yang telah mendapat apresiasi dan penghargaan sebagai Pemenang Harapan III Lomba Blog Kebahasaan dan Kesastraan Tingkat Nasional 2012 yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dalam rangka Bulan Bahasa dan Sastra pada bulan Oktober 2012.

Blog Sastra Dumai :http://senepak.blogspot.com

Blog Senepak dikelola oleh Syahrul Affandi. Senepak adalah akronim dari Seniman Lepak Kota Dumai. Narablognya merupakan salah seorang penyair di Kota Dumai yang beberapa puisinya telah diterbitkan dalam Buku Bulan-Bulan Kopak, sebuah Kumpulan Puisi pilihan Dewan Kesenian Dumai pada tahun 2010. Penyair yang juga dipanggil dengan nama Ngah Aroel ini telah berupaya mengembangkan potensi sastra di Kota Dumai seperti penyelenggaran Festival Puisi Tingkat Pelajar dan Mahasiswa se-Kota Dumai pada bulan Mei 2010. Selain itu Ngah Aroel juga aktif dalam kegiatan seni lainnya seperti pada Panggung Semah Seni, Mandi Puisi, komunitas film pendek. Pada tahun 2003 sehingga 2005 penyair dan narablog ini juga aktif dalam sanggar musik Serunai, sebuah perkumpulan generasi muda di Kota Dumai yang peduli dengan upaya-upaya pelestarian musik tradisional. Melalui Sanggar Serunai pula Ngah Aroel bersama Dave HS dan kawan-kawan lainnya telah berupaya mengembangkan minat, bakat dan potensi dalam seni musik kontemporer yang mencoba mengkolaborasikan antara musik tradisional dan musik moderen. Saat ini Ngah Aroel tengah aktif membantu kawan-kawan dalam komunitas film pendek di Dumai yang sedang membuat film-film pendek.

Dalam Blog Senepak ini tidak hanya berisikan puisi-puisi maupun sajak karya Syahrul Affandi namun juga terdapat cerita pendek serta sebuah esai sastra tentang salah satu puisi Syahrul Affandi yang ditulis Mohd. Ghufron Cholid, salah seorang penyair dan narablog dari Madura.

Syarul Affandi, S.Pd selain aktif mengembangkan minat, bakat dan potensi dalam seni musik, sastra, film dan teater juga aktif sebagai salah satu guru pada salah satu Sekolah Menengah Pertama di Dumai. Tak ingin menyia-nyiakan kompetensi seni yang dimilikinya maka Syahrul Affandi saat ini sedang mempersiapkan program pengembangan minat, bakat dan potensi diri pelajar-pelajarnya khususnya di bidang teater.

Perkenalan narablog Hukmi99 dengan narablog Senepak bermula saat kawan-kawan dari kalangan band-band musik indie Kota Dumai dan Bengkalis bersepakat untuk membuat sebuah Kompilasi Band Indie yang bertajuk Kompilasi Akulturasi Total Indie (ANTI) pada tahun 2004-2005 di Kota Dumai.

Blog Senepak merupakan salah satu Blog Sastra Dumai yang bernas dan patut disinggahi jika ingin mengetahui dan membaca puisi maupun cerita pendek karya Syahrul Affandi “Ngah Aroel”.

Blog Sastra Dumai :http://paisaljrb.blogdetik.com

Blog bertajuk Tabir Qalbu memiliki tag lines Pencarian Tuhan Yang Panjang. Blog ini adalah salah satu Blog Sastra Dumai yang berisikan puisi dan sajak serta cerita pendek karya Paisal Jrb. Penyair dari Kota Dumai aktif mengembangkan minat, bakat dan potensi berkeseniannya melalui Dewan Kesenian Dumai.

Dalam pengembangan potensinya dalam eksplorasi jiwa dalam puisi maka Paisal Jrb telah beberapa kali membuat video puisinya. Penampilan narablog ini dalam membacakan puisi-puisinya dapat disaksikan melalui DKD Televisi. Paisal Jrb telah membuat lima buah video puisinya yang dirilis oleh DKD Televisi.

Melalui puisi-puisi yang dapat dibaca pada Blog ini maka dapat disimpulkan bahwa Paisal Jrb merupakan salah satu penyair yang selalu ingin berupaya menemukan lebih banyak dan lebih dalam lagi hikmah dari hidup dalam kehidupan ini melalui penciptaan puisi-puisinya. Untuk mendapatkan penafsiran lebih lengkap mengenai makna dan isi puisi-puisi Paisal Jrb tentu perlu dilakukan penelahaan sastra secara komprehensif.

Penyair Paisal Jrb ini dikabarkan aktif bekerja pada unit ekomoni kerakyatan salah satu bank di Kota Dumai.

http://mangrovedumai.blogspot.com (Laman Sanggar Seni Bandar Bakau)

Blog yang bertajuk Pecinta Alam Bahari Club ini adalah salah satu Blog yang dikelola oleh Pecinta Alam Bahari (PAB) Club di Kota Dumai. PAB selain bertungkus lumus menanam dan melestarikan pohon-pohon Bakau di Kuala Sungai Dumai dengan area konservasi sekitar 12 hektar juga menyelenggarakan pendidikan nonformal berupa Sekolah Alam Bandar Bakau yang didirikan pada tanggal 12 September 2010. Salah satu kurikulum pembelajaran di Sekolah Alam ini adalah pembelajaran Bahasa dan Sastra sehingga saat ini banyak peserta Sekolah Alam Bandar Bakau yang telah menulis karya sastranya sendiri berupa puisi dan cerita pendek. Anak-anak Sekolah Alam Bandar Bakau juga berupaya mengeksplorasi kreativitas mereka melalui Teater Bendera dibawah binaan Tuan Darwis Mohd. Saleh. Tahun lalu pernah saya diajak dan mendapat kesempatan untuk turut aktif dalam Teater Bendera Sekolah Alam Bandar Bakau namun sampai saat ini ajakan dan kesempatan itu belum dapat saya penuhi sebab masih banyak hal yang perlu dipetakan dan ditemukan solusinya sebelum saya mulai menerabas, menerabas dalam kreativitas. Terima kasih kepada Tuan dan kawan-kawan yang mengajak saya untuk bergabung di Teater Bendera.Tuan Darwis Mohd. Saleh adalah Pemenang I dalam Laman Cipta Sastra Dewan Kesenian Riau 2006 pada Kategori Cerita Pendek yang bertajuk Pengerih dan Pemenang II dalam Laman Cipta Sastra Dewan Kesenian Riau 2007 pada Kategori Cerita Pendek yang bertajuk Pelabuhan Tua.

Bandar Bakau selain juga menjadi tempat pembelajaran anak-anak Sekolah Alam Bandar Bakau juga acap kali menjadi tempat penyelenggaraan membaca puisi, diskusi, latihan kompang, penanaman bibit pohon Bakau oleh tokoh masyarakat mulai dari politisi sehingga birokrat dan berbagai kegiatan lain yang berkaitan dengan lingkungan hidup (khusus Mangrove/ Bakau), sosial dan budaya. Agaknya saya sendiri yang belum pernah menanam bibit pohon Bakau di Bandar Bakau. Saya sedang menanam bibit-bibit pohon kata dahulu agar dapat tumbuh menjadi pohon-pohon yang dapat memanusiakan manusia.

Pada laman Sanggar Seni Bandar Bakau dalam Blog PAB CLUB ini terdapat sebentuk Monolog atau agaknya drama yang bertajuk WALIKOTA dan DPRD tentang P.A.B oleh , tiga buah puisi karya Syahrial Gelang dengan Entahlah, Hening di Subuh Malam, Jati Diri Kota. Lalu ada empat buah Puisi karya anak-anak Sekolah Alam Bandar Bakau, sepuluh buah puisi karya Tuan Darwis Mohd. Saleh dan sebuah puisi karya Syahrul Affandi. Sedangkan kumpulan cerita pendek karya anak-anak Sekolah Bandar Bakau kabarnya sedang direncanakan untuk diterbitkan dalam bentuk Buku Kumpulan Cerita Pendek Anak Kota Dumai. Semoga segera dapat terbit buku tersebut.

Demikianlah sekelumit tentang dua Blog Sastra Dumai dan sebuah Blog Pecinta Lingkungan Hidup. Ketiga blog ini memiliki potensi yang besar untuk memperkenalkan karya-karya sastra dari Kota Dumai kepada orang banyak dan banyak orang.

Untuk mengetahui tentang blog-blog lain yang berasal dari Dumai dapat ditinjau melalui grup Komunitas Blogger Dumai pada media jejaring sosialnya. Kawan-kawan penggiat sastra serta seni lainnya dapat membuat blog melalui blogspot.com, kompasiana, blogdetik dan lain-lain.

Dari Dumai Cinta Damai, Ahlul Hukmi bin Ramli Abu Samah
Narablog Blog Sastra Dumai http://hukmi99.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar